Jumat, 18 Januari 2013

Electricity for Better Life

Saya suka dengan slogan ini. Walaupun sekarang PLN udah ganti slogan menjadi "Bekerja, Bekerja, Bekerja", tapi saya udah keburu jatuh cinta banget dengan slogan itu (*yg dijadiin judul). Kesannya gimanaaaa...gitu...lebih elegan dan sarat makna.

Better Life, Better Future.. 

Bayangkan jika listrik ga ada. Ga usah dibayangkan lagi pasti udah pernah ngerasainnya juga kan ya. Apalagi di jaman yang semuanya sudah sangat modern, keberadaan listrik sudah amat sangat banget dibutuhkan sekali. Disaat tiba-tiba jebret!!! dan suasana menjadi gelap gulita, yang pertama dipikirin pasti handphone deh, bukan yang lain. Komentar yang sering saya dengar seperti ini: "Yah, mati lampu, batrenya udah tinggal dikit.Duh, jangan lama-lama donk matinya..." . Dan langsung deh buru2 update status di BBM,twitter, FB atau entah di wadah socmed mana aja supaya kalau-kalau ga bisa dihubungi atau ga ada kabar, temen-temennya pada tau...(kayanya pengalaman pribadi juga nih..hihihi). Dan lilin-lilin menjadi primadona di saat-saat seperti ini.
                                     Gambar 1: Si "Candle" yang jadi primadona di saat gelap gulita menyelimuti

Sebenarnya sudah sejauh mana sih PLN ini melayani masyarakat? Kok kayaknya ga ada perubahan yang berarti?
Di Lampung sendiri (karena saya domisili di Lampung, jadi taunya di Lampung), PLN udah berusaha semaksimal mungkin untuk melayani listrik. Salah satu nya seperti guntingan berita di bawah ini yang proses pengguntingannya berhasil saya selesaikan secara adat. Mungkin ga bisa baca secara detail isi beritanya, tapi masih bisa baca judulnya kan ya?
                                Gambar 2: Hasil Gunting-guntingan saya dari Koran Lokal, Kupas Tuntas, 8 Januari 2013

Ini merupakan guntingan berita dari surat kabar lokal Lampung yang mengabarkan bahwa dengan masuknya listrik dari PLN dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini merupakan bukti nyata pelayanan PLN yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ga hanya itu, PLN juga sangat memahami betapa pentingnya listrik, bagaikan denyut nadi dalam tubuh kita. Jika listrik padam, manusia seakan-akan tak bernyawa karena hampir semua aktivitas sekarang sangat bergantung pada keberadaan aliran listrik. Oleh karena itu, saat ini PLN juga sudah punya pasukan berani mati untuk mengatasi gangguan. Kenapa saya bilang Pasukan Berani Mati (PBM)? Ya gimana ga berani mati, wong mereka-mereka ini melakukan pemeliharaan jaringan listrik tetap dalam keadaan bertegangan, alias aliran listriknya masih ada. Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) ini memang belum ada di semua daerah, baru merambah 78 kabupaten/kota se-Indonesia (data per November 2012). Dan puji Tuhan, Lampung bisa berbangga hati karena sudah punya Pasukan Berani Mati yang wilayah kerjanya di PLN Area Tanjungkarang. Dan kerennya lagi, PDKB Area Tanjungkarang pernah menjadi PDKB Terbaik 1 se-Indonesia dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-66 tahun 2011 lalu.

        Gambar 3 : Para Petugas Berani Mati nya PLN Lampung lagi bertugas. Tetap semangat walau sengat membayangi

 Gambar 4: Foto Bersama Petugas PDKB dgn Mantan Dirut PLN, Dahlan Iskan dan Dirop IB, Moch. Harry Jaya Pahlawan

Di sisi lain, PLN juga tetap memberikan perhatian terhadap kemajuan anak bangsa, antara lain melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Itu loh, yang biasanya disebut orang sebagai program kemanusiaan yang kudu wajid dilaksanakan setiap perusahaan terutama untuk kemajuan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan itu bermukim. Salah satu program CSR yang berhasil saya ikuti perkembangannya beberapa waktu lalu yaitu program Peningkatan Kompetensi Anak Bangsa melalui upgrading 1000 guru SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. Program apaan tuh? Singkat kata singkat cerita, program ini muncul dengan kenyataan yang terjadi bahwa banyak sekolahan terutama yang kejuruan listrik mencoba menciptakan tenaga kerja, namun ilmu pengetahuan ketengalistrikannya masih kurang serta fasilitas pembelajarannya juga. Nah, program ini dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi muda dalam memasuki dunia industri ketenagalistrikan baik dari sisi ilmu pengetahuan teorinya maupun prakteknya melalui guru-guru untuk diajarkan di sekolah masing-masing.
                                           Gambar 5 : Para Guru SMK yang lagi study  ke Udiklat Indralaya

Program besarnya PLN yaitu proyek percepatan pembangunan PLTU 10 ribu megawatt tahap 1 juga berjalan dengan baik. Saat ini 60% dari total kapasitas proyek telah selesai dan beroperasi dan listriknya sudah bisa dinikmati masyarakat. Tahun ini penyelesaiannya diharapkan 85% dan tahun depan akan rampung 100%.

PLN juga paham nih dengan kemajuan teknologi informasi saat ini yang kian melejit. Lagi heboh-hebohnya social media, PLN juga ga mau dibilang gaptek di era borderless communication saat ini. Kita-kita sekarang udah bisa berkomunikasi langsung dengan PLN. Mau nanya apa aja boyeee (eit, maksudnya nanyanya yang berhubungan dengan listrik atuh..jangan nanyain ramalan cuaca). Mau nanya gangguan, mau daftar sambung baru, tambah daya, nanya-nanya tagihan rekening listrik, bisa langsung ke Contact Center PLN (kode area) - 123, FB PLN 123, Twitter @pln_123, Kontak Kami di www.pln.co.id .
Nahhhhh tinggal pilih mau ngbrol lewat media yang mana. Saya sendiri udah pernah iseng-iseng nelepon ke Contact Center PLN 123 yang di Lampung, pada saat itu terjadi pemadaman. Hmm..ternyata benar, PLN sudah berubah. Petugasnya ngasih infonya cukup jelas dan ramah. Hati yang tadinya sedikit gedeg karena listrik padam jadi sedikit adem karena dikasi info jelas dan ditanggepin ramah.

Sebenarnya masih banyak program PLN yang udah dirancang sedemikian rupa demi kemajuan Indonesia. Tapi kalau langsung ditumpahruahkan di halaman ini kayaknya ga baik deh buat kesehatan mata. Kita lanjut kapan-kapan aja ya sodara-sodara...

Kalau kamu, layanan PLN apa aja yang udah kamu rasakan manfaatnya buat hidupmu?
Sharing yukk..^.^

1 komentar:

  1. Tos bir dlu lah buat Pasukan Berani Matinya PLN, hebat dan sangat - sangat patut diberi jasa. Udah kebal listrik sepertinya ya (berguru ke zeus kyanya).. >.<
    hmmm,spertinya layanan PLN123 buat cek tagihan sangattttt membantu.. thumbs up *_-

    BalasHapus